Header Ads


Dampak Letusan Kawah Ijen Keluarkan Gas Beracun: Warga Sekampung Mengungsi

Suasana di Dusun Watu Capil, Desa Kali Anyar, Kecamatan Ijen, Bondowoso pada Kamis petang, 23 Maret, tampak lengang. Dusun yang berjarak tujuh kilometer dari pusat Kawah Ijen, menjadi salah satu wilayah yang terdampak paparan gas beracun Kawah Ijen.

Hampir seluruh penduduk yang berjumlah 250 jiwa, memilih mengungsi. Selain di tempatkan di posko pengungsian milik pemerintah, sebagian warga ada yang memilih mengungsi ke rumah sanak saudara.
Hanya segelintir warga yang memilih bertahan, untuk berjaga-jaga.

Pasca letusan di puncak Kawah Ijen yang mengakibatkan gas beracun. Pos pantau pengamatan Gunung Api Ijen, mencatat telah terjadi gempa vulkanik dangkal sebanyak 11 hingga 22 kali, dengan durasi 8 detik hingga 13 detik. Munculnya gas beracun di Kawah Ijen merupakan fenomena tahunan terutama pada musim hujan antara bulan Januari hingga Maret.

Sedangkan hasil pantauan di sekitar kawah melalui kamera CCTV pada Kamis siang, terlihat tingkat bualan gas sudah mulai menurun dan warna air disekitar kawah juga sudah mulai jernih. Meski demikian, warga tetap dihimbau untuk menghindari zona berbahaya gas beracun.


Powered by Blogger.