KRDE(Kereta Rel Diesel Electric)

Kereta Api memang ada berbagai jenisnya,nahhh... sekarang gua mau bahas tentang Kereta Rel Diesel Electric atau yang biasanya disingkat KRDE. Yappp KRDE hampir sama dengan KRD. Perbedaannnya pada KRDE tenaga dari mesin diesel tidak langsung digunakan sebagai penggerak kereta. Daya dari mesin diesel itu dikonfersi menjadi listrik melalui generator. Dan energi listrik digunakan untuk menggerakan roda motor traksi.KRDE merupakan salah satu jenis MRT (Mass Rapid Transit) yang mengkombinasikan mesin diesel dengan teknologi yang di pakai pada KRL (Kereta Rel Listrik) dalam pengoperasianya.
















Pada KRDE,mesin diesel berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik.Energi listrik yang dihasilkan akan diolah lagi padaVVVF (variable voltage variable frequency) inverter, yaitu suatu rangkaian yang dapat mengubah frekuensi dan tegangan listrik, yang digunakan sebagai kontrol motor induksi. Selanjutnya, output  tegangan yang dihasilkan dialirkan ke traction motor (TM) yang ada pada roda. satu TM hanya menggerakan satu roda - jadi dalam satu railcar terdapat empat TM.
KRDE diantaranya :
1)Prameks
2)Baraya Geulis
3)Sriwedari
4)Rencang Geulis
5)Arek Surokerto


Prameks(Prambanan Ekspres)
Kereta Api Prambanan Ekspres atau yang lebih sering dikenal Prameks, adalah kereta yang menghubungkan antara  KutoarjoYogyakarta, dan Solo Balapan. Tentunya masyarakat Kutoarjo,Yogyakarta,Klaten,dan Solo tak asing dengan kereta yang satu ini :v  
KA Prameks Solo–Yogyakarta pergi pulang (PP) pertama kali diluncurkan tangga20 Mei 1994. KA Prameks merupakan kereta lokal pada Daerah Operasi (DAOP) 6 Yogyakarta(Yk).
Harga tiket KA Prameks Solo Jogja Rp 8.000, tiket Prameks Solo Kutoarjo 15.000. Tiket Prameks dapat dipesan pada H-7 sebelum keberangkatan.
KA ini berhenti di Stasiun Kutoarjo, Stasiun Jenar, Stasiun Wates, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Balapan..

Sekian terimakasih yaa udah mau baca :)) maaf kalo ada kata-kata yang kurang berekenan ^_^... (agnes)

KRDE(Kereta Rel Diesel Electric) KRDE(Kereta Rel Diesel Electric) Reviewed by Agnes Sabila on July 16, 2017 Rating: 5