Teknik nuklir dapat meradiasi materi genetik tanaman

APLIKASI TEKNIK NUKLIR oleh BATAN dibidang pangan mencakup berbagai hal. Mulai dari pemuliaan tanaman,pengendalian hama,pengawetan bahan pangan,efisiensi pemupukan hingga produktifitas pternakan.tujuan untuk menjawab tantangan masalah pangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.Batan adalah lembaga utama yang berperan dalam memastikan ketersediaan panagn berkualitas tinggu bagi rakyat Indonesia.

PEMULIAAN TANAMAN
Salah satu kisah sukses BATAN adalah dalam penggarapan diversifikasi pangan. Ini untuk menjawab salah satu masalah di Indonesia yaitu jumlah lahan pertanian yang tidak bertambah sementara disisi lain peryumbuhan jumlah penduduk terus meningkat. Solusinya antara lain dengan menambah jumlah waktu panen padi dan lainnya. Rentang waktu panen perlu diperpendek dan jumlah panen itu sendiri ditingkatkan.

BATAN telah melakukan kagiatan penelitian dan pengembangan iptek nuklir untuk pemuliaan tanaman sejak era 1980 an. Dengan menggunakan teknik mutasi radiasi,BATAN sudah menghsilkan 20 varietas padi, 8 kedelai,2 varietas kacang hijau, dan 1 varietas kapas.Karena itulah BATAN kemudian mendapat penghargaan Inovasi Bidang Pangan dan Mentri Pertanian pada 2009.

Pada jenis padi,teknik kombinasi persilangan dan radiasi dilakukan pada varietas IR-36,IR-64, dan IR-74 dengan varietas padi hasil mutasi radiasiyang dihasilkan BATAN sebelumnya. Selain itu juga dilakukan teknik iradiasi terhadap varietas Cisantana, Diah Suci, Cimelati, dan varietas lokal Pandanwangi (Cianjur) dan Super Win (Sulawesi Utara).

Teknik nuklir dapat digunakan untuk rekayasa genetika tanaman dan menghasilkan varietas baru bersifat unggul.Misalnya produksi tinggi,adaptif pada kondisi iklim Indonesia, umur genjah,kualitas beras bagus dengan rasa nasi pule atau enak.

Tingginya angka produksi terliht dari data Biro Pusat Statisik 2011, di mana tingkat produktivitas padi hasil pemuliaan mutasi rata-rata mencapai 7 ton per hektare. Angka itu diatas produksi beras nasional sebesar 5,01 ton per hektare.

Selektifnya pemuliaan padi oleh BATAN terlihat dari munculnya varietas padi Mira-1 , ini adalah hasil seleksi bibit unggul dari penyinaran benih varietas Cisatana dengan sinar gamma cobalt 60 sejak 2000. Akhirnya diperoleh 15 galur yang mempunyai sifat agronomi berbeda dengan varietas Cisatana yaitu ujung gabah tidak berbulu.

Teknik nuklir dapat meradiasi materi genetik tanaman Teknik nuklir dapat meradiasi materi genetik tanaman Reviewed by Agnes Sabila on June 27, 2017 Rating: 5